Home » » MAKALAH Inna wa Akhowatuha

MAKALAH Inna wa Akhowatuha

Inna wa Akhowatuha (إن واخواتها)
MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah: Bahasa Arab I
Dosen Pengampu: Nur Kholis Hauqola, S. HI., M. SI. 




Disusun oleh:
Luthfiatun Nashihah               (1213052)
Muhammad Sofyan                (1213028)
Nur Hikmah                           (1213036)
Wahyu Nur Ulya                    (1213046)


FAKULTAS SYARIAH DAN ILMU HUKUM
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA (UNISNU)
JEPARA
2013


DAFTAR ISI

                             Kata pengantar ................................................................................ i
Daftar Isi ........................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................... 1
A.       LATAR BELAKANG....................................................................... 1
B.        RUMUSAN MASALAH .................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN .......................................................................... 2
A.    Hakikat Thaharah ............................................................................... 2
B.     Macam-macam Thaharah.................................................................... 3
1.      Wudlu ............................................................................................ 3
2.      Mandi ............................................................................................. 5
3.      Tayammum .................................................................................... 6
C.     Dasar Hukum Thaharah ...................................................................... 7
BAB III PENUTUP ................................................................................... 8
KESIMPULAN .......................................................................................... 8
KATA PENUTUP ...................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................. 9


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat  limpahan rahmat,  karunia dan nikmat-Nya  kami dapat menyelesaikan makalah berjudul Inna wa Akhowatuha (إن واخواتها) ini. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi akhir zaman, Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan keluargaNya.
Kami  juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu yang telah banyak membantu serta teman-teman yang telah memberikan dukungan kepada kami hingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Akhirnya, Makalah bertema Inna Wa Akhowatuha (إن واخواتها)” ini telah selesai kami susun guna memenuhi tugas kelompok mata kuliah Bahasa Arab I.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi khalayak pembaca pada umumnya dan penulis khususnya. Kritik dan saran sangat kami harapkan dalam upaya perbaikan dalam membuat makalah selanjutnya. Terimakasih. Selamat membaca.





Jepara, Nopember 2013

Kelompok 11




Inna wa Akhowatuha (إن واخواتها)

BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Ilmu nahwu dan shorof merupakan ilmu yang pokok penting untuk dipelajari dan difahami. Hal ini dikarenakan jika seorang muslim tidak bisa memahami kedua ilmu ini akan sulit untuk memahami Alquran dan kitab kuning serta akan sulit untuk berbicara bahasa Arab.
Bahasa Arab merupakan bahasa yang mudah dibandingkan bahasa lainnya. Namun baNyak masyarakat yang justru menganggapnya sangat sulit. Hal ini dikarenakan masih minimnya antusiasme masyarakat dalam mempelajarinya. Makalah ini bermaksud memberi penjelasan secara ringkas tentang rincian ilmu nahwu seperti kelompok-kelonpok sebelumnya.
Membicarakan tentang nahwu dan shorof, khususnya mubtada’ dan khabar tentu tidak bisa lepas dari amil-amil yang dapat merusak amalnya. Di antaranya yaitu Inna Wa Akhowatuha (إن واخواتها) yang akan kami bahas dalam makalah ini.

B.  RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini yaitu:
A.       Pengertian Inna Wa Akhowatuha (إن واخواتها)
B.        Faedah Inna Wa akhawatuha
C.       Cara Pembacaan Hamzah Inna (إن)
D.       Cara/ Tempat Pembacaan Nun Pada Lafal Inna (إن) Dan Anna (أن)
E.        Inna Wa Akhawatuha Bertemu Ya’ Mutakallim





BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Inna Wa Akhowatuha (إن واخواتها)
إن adalah salah satu ‘amil (عامل) dari beberapa amil nawashib yang bisa masuk sekaligus mempengaruhi susunan i’rab mubtada’ dan khabar. Adapun teman-temannya inna (إن) yaitu:  أن لكن كأن لعل ليت .
  إن واخواتهاmempunyai fungsi beramal menasabkan mubtada’ (مبتداْ)  menjadi isimnya(اسمها)  dan merafa’kan khabar(خبر)  menjadi menjadi khabarnya(إن)  inna.
تنصب ان المبتداْ اسما والخبر # ترفعه كأن زيدا ذو نظر [1]
 
seperti contoh di bawah ini[2]:
.ان ان زيدا حاضر زيد حاضر

Setelah lafal ( زيد حاضر ) kemasukan inna, lafal zaidun (زيد) menjadi isimnya inna, dan dibaca nashab menjadi(زيدا) , sedangkan lafal hadlirun (حاضر) tetap di baca rafa’ menjadi khabar dari inna. Begitu pula dengan contoh di bawah ini:
أن = أن زيدا قائم زيد قائم
ليت = ليت الشباب يعود يوما
لكن = زيد شجاع لكنه ليس بكريم
ليت = ليت الشباب يعود يوما
لعل = لعل الحبيب قادم

B.       Faedah Inna Wa akhawatuha
Menurut para ulama ahli nahwu, masing-masing dari Inna Wa Akhawatuha (إن واخواتها)  mempunyai faedah yang berbeda-beda[3] yaitu:
1.         Inna (إن)mempunyai faedah li al taukid/ menguatkan suatu pernyataan atau kabar, untuk meyakinkan orang yang diberi kabar.
Contoh:ان عمرا جالس
2.      Ka anna(كأن)  mempunyai faedah li al tasybih (menyerupakan).
Contoh:كأن وجه زيد بدر
3.      La’alla (لعل) dan Laita(ليت)  mempunyai arti yang sama, tetapi faedahnya berbeda.
a.        Laalla (لعل) mempunyai 2 faedah yaitu:
§   Li al taraji (للترجى), mengharap sesuatu yang kemungkinan akan terjadi.
Contoh:لعل محبوبى وصل
§   Li al tawaqu(للتوقع) , mengharap sesuatu yang benar-benar akan terjadi.
Contoh:لعل زيدا هالك
b.        Laita  (ليت)mempunyai  faedah li al tamanniy (للتمنى) , yaitu mengharap sesutu yang tidak mungkin akan terjadi atau sesuatu yang kemungkinan akan terjadi. Penjelasannya sebagaimana berikut:
§   Tidak mungkin terjadi:
               contoh:  ليت البقرة ذو يدين
§  Kemungkinan kecil terjadi:
Contoh:  ليت لي قنطارا من ذهب
4.      Anna (أن) mempunyai faedah li al taukid(للتوكيد) , yaitu menguatkan sesuatu pernyataan atau kabar, untuk meyakinkan orang yang di beri kabar.
Contoh:   أن زيدا قائم
5.      Lakinna ((لكنmempunyai faedah lil istidrok (menyambung).
Contoh:      زيد شجاع لكنه ليس بكريم
   
C.      Cara Pembacaan Hamzah Inna (إن)
Ada 3 cara dalam pembacaan hamzah Inna (إن) . Masing-masing bacaan mempunyai syarat dan tempat-tempat tertentu. Ketiga cara tersebut yaitu:
1.      Wajib dibaca fathah (فتحة) [4]
§  Ketika Inna(إن)  menempati tempatnya masdar yang dirafa’kan oleh fi’il.
Contoh:يعجبني انك قائم   asalnya يعجبني قيامك
§  Ketika Inna(إن)  menempati tempatnya masdar yang dinashabkan oleh fi’il.
Contoh:عرفت انك حاضر asalnya عرفت حضورك
§  Ketika Inna(إن)  menempati tempatnya masdar yang dijerkan oleh huruf jer.
Contoh:عجبت من انك قائم  asalnya عجبت من قيامك

2.      Wajib dibaca kasrah(كسرة) [5]
§  Ketika Inna(إن)  berada di awal kalimat.
Contoh: إن زيدا قائم
§  Ketika Inna(إن)  berada di awal shilah.
Contoh:جاء الذي إنه  قائم
§  Ketika Inna  (إن)menjadi jawabnya qasam, sedangkan khabarnya dimasuki lam.
Contoh:والله إن زيدا لقائم
§  Ketika Inna(إن)  menempati tempatnya tarkib/ susunan hal(حال).
Contoh: زرت واني ذو امل
§  Ketika Inna  (إن)menjadi maqul qoul(مقول قول) .
Contoh: قلت ان بكرا حاضر 
§  Ketika Inna(إن)  berada setelah af’al qulub yang dita’liq dengan lam.
Contoh:   اعلم انه لذوتقا




3.      Bisa dibaca kasrah  (كسرة) dan fathah(فتحة) [6]
§  Ketika Inna  (إن)berada setelah idzan fajaiyyah (إذا فجائية).
Contoh:خرجت فاذا إن \ أن زيدا قائم
§  Ketika Inna  (إن)menjadi jawabnya qasam, khabarnya Inna  (إن) tidak di masuki lam.
Contoh:         والله أن \ إن زيدا لقائم
§  Ketika Inna  (إن)berada setelah fa’ jaza’ (فاء جزاء).
Contoh:من ياْتني فإنه \ فأنه مكرم
§  Ketika Inna  (إن)berada setelah mubtada’ (مبتداْ) yang berupa qoul fi al ma’na  (قول في المعنى)dan khabarnya juga berupa qoul. Orang yang mengucapkan satu orang.
Contoh:خير القول إني \ أني احمد

D.    Cara/ Tempat Pembacaan Nun Pada Lafal Inna(إن) Dan Anna(أن)
Nun pada lafal Inna(إن)  boleh di baca sukun, tetapi amalnya berkurang. Maksudnya lebih sering tidak beramal menashabkan dengan syarat-syarat tertentu[7], yaitu:
1.      Ketika Inna (إن) di baca takhfif/ sukun nunnya dan tidak diamalkan, maka khabarnya wajib bertemu lam fariqah.
Contoh: إن زيد لحاضر
2.      Ketika Inna (إن) di baca takhfif/ sukun nunnya dan tidak di amalkan, maka khabarnya boleh tidak bertemu lam fariqoh. Hal semacam ini berlaku ketika maksud mutakallim sudah di mengerti.
Contoh:انا ابن اباة الضيم من اْل مالك # وان مالك كأنت كرام المعادن
3.      Ketika Anna ( (أنdi baca takhfif/ sukun nunnya, maka isimnya wajib berupa dlomir sya’ni yang di simpan. Khabarnya wajib berupa jumlah yang bertempat setelah Anna ( .(أن
Contoh:  علمت أن زيدا قائم[8]  
4.      Ketika Anna di baca takhfif/ sukun nunnya, khabarnya berupa fi’il du’a (فعل دعاء) dan fi’il ghoir munshorif  (فعل غير منصرف). Maka, menurut pendapat ahli nahwu seyogyanya antara fi’il dan al nadi dipisahkan dengan qod, nafi, tanfis, lau (لو). Namun, dalam kitab nahwu jarang sekali terdapat penggunaan lau((لو .
Contoh:
قد          ونعلم أن قد صدقتنا
            نفي        أيحسب الإنسان أن لن نجمع عظامه
تنفيس     علم ان سيكون منكم مرضى
لو          وان لواسنقامواعلى الطريقة لأسقيناهم ماءاغدقا [9]
5.      Ketika Kaanna (كأن)  di baca takhfif/ sukun nunnya, maka ma’mul manshubnya wajib dibuang. Boleh ditetapkan akan tetapi berlaku sangat sedikit.
Contoh:              كان لم تغن بالأمس
                                       [10]كان زيد قائم

E.       Inna Wa Akhawatuha Bertemu Ya’ Mutakallim
Inna wa akhawatuha juga bisa di temui ya’ mutakallim, yang nantinya masing-masing dari inna wa akhawatuha ada yang wajib dipisah dengan nun wiqoyah (jika tidak dalam keadaan dlorurat). Ada pula yang boleh dipisah atau tidak di pisah dengan nun wiqoyah.
Ada pun yang wajib di pisah dengan nun wiqoyah yaitu:
Contoh:
§         ليت          ياليتني كنت معهم
كمنية جابر إذ قال ليتي # أحادفه وافقد جل مالي
§         لعل          لعلي ابلغ الاسباب
فقلت اعيراني القدوم لعلني # احط بها قبر الابيض ما جد[11]
Sedangkan yang boleh di pisah maupun tidak di pisah terdapat pada selain lafal laita dan la’alla, yaitu inna, anna, lakinna, kaanna.
Contoh:
إن : إني شجاع  -  إنني شجاع 
أن : أني قائم - أنني قائم
لكن : أنا تلميد لكني موظف - أنا تلميد لكنني موظف
كأن : هو ينظرني كأني محبوبته - هو ينظرني كأني محبوبته
 
BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN

إن merupakan salah satu ‘amil (عامل) dari beberapa amil nawashib yang bisa masuk sekaligus mempengaruhi susunan i’rab mubtada’ dan khabar. Adapun teman-temannya inna (إن) yaitu:  أن لكن كأن لعل ليت .

  إن واخواتهاmempunyai fungsi beramal menasabkan mubtada’ (مبتداْ)  menjadi isimnya(اسمها)  dan merafa’kan khabar(خبر)  menjadi menjadi khabarnya(إن)  inna.
Setiap إن dan teman-temannya memiliki fungsi masing-masing. Seperti faidah li al taukid, li al tamanniy  dan lain sebagainya.
Pembacaan إن juga dapat berubah sesuai dengan ketentuan yang ada. Seperti yang telah tertulis dalam makalah diatas.

B.     KATA PENUTUP
Demikian makalah ini kami susun, yang mana tentunya tak lepas dari kekurangan baik dalam penyusunan maupun penyajian. Karena kami pun menyadari tak ada gading yang tak retak. Untuk itu kritik dan saran pembaca sekalian sangat kami harapkan demi perbaikan dan evaluasi dari apa yang kami usahakan. Harapan kami semoga bermanfaat. Amin.





[1] Umrithy, Nadham Al-Umrithi, Surabaya: Al Miftah, tt., hlm. 30.

[2] M. Ma’shum bin salim, Tasywiq al-kholan,Surabay: Al Hidayah, tt. Hlm 157.

[4] Ibnu ‘aqil, Ibnu Aqil,Surabaya: Al Hidayah, tt, hlm. 49
[5] Ibid, hlm. 49.

[6] Ibid, hlm. 50.
[7] Ibid, hlm. 53.
[8] Ibid 

DAFTAR PUSTAKA



Alquran Al Karim

‘aqil, Ibnu, Ibnu Aqil, Surabaya: Al Hidayah, tth.
Ma’shum, M. bin salim, Tasywiq al-kholan,Surabaya: Al Hidayah, tth.
Umrithy, nadham al-umrithu, Surabaya: Al Miftah, tth.




.
[9] Ibid, hlm. 54.
[10] Ibid.

[11] Ibid, hlm. 18.


 




3 comments:

  1. bagi teman - teman yang bingung mencari refrensi tugas matakuliah sistem informasi,
    makalah sistem informasi, praktikum. silahkan saja >>klik disini<< share berbagai hal yang berhubungan dengan
    ilmu teknologi informasi dan komunikasi khususnya
    seputar sistem informasi silahkan >>Klik Disini<<

    BalasHapus
  2. Wynn, Casino and Spa, Cotai - Mapyro
    Hotel. Wynn, Casino 포천 출장샵 and Spa is a 경상남도 출장샵 1-minute walk from the Cotai 이천 출장안마 airport 창원 출장마사지 and 3 minutes from the Wynn International Airport. The Spa is a 45-minute walk  Rating: 2.5 · ‎7 reviews 동두천 출장샵

    BalasHapus

Hosting Gratis

Total Pageviews

Ad Space

Ad Space

Blogger news

Hosting Gratis
Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

search here