Inna wa Akhowatuha (إن واخواتها)
MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah: Bahasa Arab I
Dosen Pengampu: Nur Kholis Hauqola, S. HI., M. SI.
Disusun oleh:
Luthfiatun Nashihah (1213052)
Muhammad Sofyan (1213028)
Nur Hikmah (1213036)
Wahyu Nur Ulya (1213046)
FAKULTAS SYARIAH DAN ILMU HUKUM
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA (UNISNU)
JEPARA
2013
DAFTAR ISI
Kata pengantar
................................................................................
i
Daftar Isi ........................................................................................
ii
BAB I
PENDAHULUAN....................................................................
1
A.
LATAR
BELAKANG.......................................................................
1
B.
RUMUSAN MASALAH ..................................................................
1
BAB II PEMBAHASAN
.......................................................................... 2
A.
Hakikat Thaharah ...............................................................................
2
B. Macam-macam Thaharah....................................................................
3
1.
Wudlu ............................................................................................
3
2.
Mandi .............................................................................................
5
3.
Tayammum ....................................................................................
6
C. Dasar Hukum Thaharah
...................................................................... 7
BAB
III PENUTUP ...................................................................................
8
KESIMPULAN
..........................................................................................
8
KATA
PENUTUP ......................................................................................
8
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................
9
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kita
panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat
limpahan rahmat, karunia dan
nikmat-Nya kami dapat menyelesaikan
makalah berjudul Inna wa Akhowatuha (إن
واخواتها) ini. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah
kepada Nabi akhir zaman, Nabi
Muhammad SAW beserta sahabat dan
keluargaNya.
Kami
juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu yang telah banyak membantu serta
teman-teman yang telah memberikan dukungan kepada kami hingga kami dapat menyelesaikan makalah
ini.
Akhirnya, Makalah bertema “Inna
Wa Akhowatuha (إن
واخواتها)” ini telah selesai kami susun guna memenuhi tugas kelompok
mata kuliah Bahasa Arab I.
Semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi khalayak pembaca pada umumnya dan penulis khususnya. Kritik
dan saran sangat kami
harapkan dalam upaya perbaikan dalam membuat makalah selanjutnya. Terimakasih. Selamat
membaca.
Jepara,
Nopember 2013
Kelompok 11
Inna wa Akhowatuha (إن واخواتها)
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Ilmu nahwu dan shorof merupakan ilmu yang pokok penting
untuk dipelajari dan difahami. Hal ini dikarenakan jika seorang muslim tidak
bisa memahami kedua ilmu ini akan sulit untuk memahami Alquran dan kitab kuning
serta akan sulit untuk berbicara bahasa Arab.
Bahasa Arab merupakan bahasa yang mudah dibandingkan bahasa
lainnya. Namun baNyak masyarakat yang justru menganggapnya sangat sulit. Hal
ini dikarenakan masih minimnya antusiasme masyarakat dalam mempelajarinya.
Makalah ini bermaksud memberi penjelasan secara ringkas tentang rincian ilmu nahwu
seperti kelompok-kelonpok sebelumnya.
Membicarakan tentang nahwu dan shorof, khususnya mubtada’
dan khabar tentu tidak bisa lepas dari amil-amil yang dapat
merusak amalnya. Di antaranya yaitu
Inna Wa Akhowatuha (إن واخواتها) yang
akan kami bahas dalam makalah ini.
B.
RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan
masalah dalam makalah ini yaitu:
A. Pengertian Inna
Wa Akhowatuha (إن
واخواتها)
B.
Faedah Inna Wa akhawatuha
C.
Cara Pembacaan Hamzah Inna (إن)
D.
Cara/ Tempat
Pembacaan Nun Pada Lafal Inna (إن) Dan Anna (أن)
E.
Inna Wa Akhawatuha Bertemu Ya’ Mutakallim
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Inna
Wa Akhowatuha (إن واخواتها)
إن
adalah salah satu ‘amil (عامل) dari beberapa amil nawashib yang bisa masuk sekaligus
mempengaruhi susunan i’rab mubtada’ dan khabar. Adapun teman-temannya
inna (إن) yaitu: أن لكن
كأن لعل ليت
.
إن
واخواتهاmempunyai
fungsi beramal menasabkan
mubtada’ (مبتداْ) menjadi
isimnya(اسمها) dan
merafa’kan khabar(خبر) menjadi
menjadi khabarnya(إن) inna.
seperti contoh
di bawah ini[2]:
.ان ان زيدا حاضر زيد حاضر
Setelah lafal (
زيد حاضر ) kemasukan inna, lafal zaidun (زيد) menjadi isimnya inna, dan dibaca nashab
menjadi(زيدا) , sedangkan lafal hadlirun (حاضر) tetap di baca rafa’ menjadi khabar dari inna. Begitu pula dengan contoh di bawah ini:
أن = أن
زيدا قائم زيد قائم
ليت
= ليت الشباب يعود يوما
لكن
= زيد شجاع لكنه ليس بكريم
ليت
= ليت الشباب يعود يوما
لعل
= لعل الحبيب قادم
B.
Faedah Inna Wa akhawatuha
Menurut para
ulama ahli nahwu, masing-masing dari Inna Wa Akhawatuha (إن واخواتها) mempunyai faedah yang berbeda-beda[3]
yaitu:
1.
Inna (إن)mempunyai faedah li al taukid/ menguatkan suatu pernyataan
atau kabar, untuk meyakinkan orang yang diberi kabar.
Contoh:ان عمرا جالس
2. Ka anna(كأن) mempunyai faedah li al tasybih
(menyerupakan).
Contoh:كأن وجه زيد بدر
3. La’alla (لعل)
dan Laita(ليت) mempunyai arti yang sama, tetapi faedahnya
berbeda.
a.
La’alla (لعل) mempunyai 2 faedah yaitu:
§
Li al taraji (للترجى),
mengharap sesuatu yang kemungkinan akan terjadi.
Contoh:لعل محبوبى وصل
§
Li al tawaqu’(للتوقع) , mengharap sesuatu yang benar-benar akan
terjadi.
Contoh:لعل زيدا هالك
b.
Laita (ليت)mempunyai faedah li al tamanniy
(للتمنى) , yaitu mengharap sesutu yang tidak mungkin akan terjadi atau
sesuatu yang kemungkinan akan terjadi. Penjelasannya sebagaimana berikut:
§
Tidak mungkin terjadi:
contoh:
ليت البقرة ذو يدين
§ Kemungkinan kecil
terjadi:
Contoh: ليت لي
قنطارا من ذهب
4. Anna (أن) mempunyai
faedah li al taukid(للتوكيد) , yaitu menguatkan sesuatu pernyataan atau
kabar, untuk meyakinkan orang yang di beri kabar.
Contoh: أن زيدا قائم
5. Lakinna ((لكنmempunyai faedah lil istidrok
(menyambung).
Contoh: زيد شجاع لكنه ليس بكريم
C.
Cara Pembacaan Hamzah Inna (إن)
Ada 3 cara
dalam pembacaan hamzah Inna (إن) . Masing-masing bacaan mempunyai syarat dan
tempat-tempat tertentu. Ketiga cara tersebut yaitu:
§ Ketika Inna(إن)
menempati tempatnya masdar yang dirafa’kan
oleh fi’il.
Contoh:يعجبني انك قائم asalnya يعجبني قيامك
§ Ketika Inna(إن)
menempati tempatnya masdar yang dinashabkan
oleh fi’il.
Contoh:عرفت انك حاضر asalnya عرفت حضورك
§ Ketika Inna(إن)
menempati tempatnya masdar yang dijerkan
oleh huruf jer.
Contoh:عجبت من انك قائم asalnya
عجبت من قيامك
§ Ketika Inna(إن)
berada di awal kalimat.
Contoh: إن زيدا قائم
§ Ketika Inna(إن)
berada di awal shilah.
Contoh:جاء الذي إنه قائم
§ Ketika Inna
(إن)menjadi jawabnya qasam, sedangkan khabarnya dimasuki lam.
Contoh:والله إن زيدا لقائم
§ Ketika Inna(إن)
menempati tempatnya tarkib/ susunan hal(حال).
Contoh:
زرت واني ذو امل
§ Ketika Inna
(إن)menjadi maqul qoul(مقول قول) .
Contoh:
قلت ان بكرا حاضر
§ Ketika Inna(إن)
berada setelah af’al qulub yang dita’liq
dengan lam.
Contoh: اعلم انه لذوتقا
§ Ketika Inna
(إن)berada setelah idzan fajaiyyah (إذا فجائية).
Contoh:خرجت فاذا إن \ أن زيدا قائم
§ Ketika Inna
(إن)menjadi jawabnya qasam, khabarnya Inna (إن)
tidak di masuki lam.
Contoh: والله أن \ إن زيدا لقائم
§ Ketika Inna
(إن)berada setelah fa’ jaza’ (فاء جزاء).
Contoh:من ياْتني فإنه \ فأنه مكرم
§ Ketika Inna
(إن)berada setelah mubtada’ (مبتداْ) yang berupa qoul fi al ma’na (قول في المعنى)dan khabarnya juga berupa qoul. Orang yang mengucapkan satu
orang.
Contoh:خير القول إني \ أني احمد
D.
Cara/ Tempat
Pembacaan Nun Pada Lafal Inna(إن) Dan Anna(أن)
Nun pada lafal Inna(إن)
boleh di baca sukun, tetapi amalnya berkurang.
Maksudnya lebih sering tidak beramal menashabkan dengan syarat-syarat tertentu[7],
yaitu:
1.
Ketika Inna (إن) di baca takhfif/ sukun
nunnya dan
tidak diamalkan, maka khabarnya wajib bertemu lam fariqah.
Contoh: إن زيد لحاضر
2.
Ketika Inna (إن) di baca takhfif/ sukun nunnya dan tidak di amalkan, maka
khabarnya boleh tidak bertemu lam fariqoh. Hal semacam ini berlaku
ketika maksud mutakallim sudah di mengerti.
Contoh:انا ابن اباة الضيم من اْل مالك # وان مالك كأنت كرام المعادن
3.
Ketika Anna ( (أنdi
baca takhfif/ sukun
nunnya, maka isimnya wajib berupa dlomir sya’ni yang di simpan. Khabarnya wajib berupa
jumlah yang bertempat setelah Anna ( .(أن
4.
Ketika Anna di baca takhfif/ sukun nunnya, khabarnya
berupa fi’il du’a (فعل دعاء) dan fi’il
ghoir munshorif (فعل غير منصرف). Maka, menurut pendapat ahli nahwu seyogyanya
antara fi’il dan al nadi dipisahkan dengan qod, nafi, tanfis, lau
(لو). Namun, dalam kitab nahwu jarang sekali terdapat penggunaan lau((لو .
Contoh:
قد
ونعلم أن قد صدقتنا
نفي أيحسب الإنسان أن لن نجمع عظامه
تنفيس
علم ان سيكون منكم مرضى
5.
Ketika Kaanna (كأن) di baca
takhfif/ sukun
nunnya, maka ma’mul manshubnya wajib dibuang. Boleh ditetapkan akan tetapi berlaku sangat sedikit.
Contoh:
كان لم تغن بالأمس
[10]كان
زيد قائم
E.
Inna Wa Akhawatuha Bertemu Ya’ Mutakallim
Inna wa
akhawatuha juga bisa di
temui ya’ mutakallim, yang nantinya masing-masing dari inna wa
akhawatuha ada yang wajib dipisah dengan nun wiqoyah (jika
tidak dalam keadaan dlorurat). Ada pula
yang boleh dipisah atau tidak di pisah dengan nun wiqoyah.
Ada pun yang
wajib di pisah dengan nun wiqoyah yaitu:
Contoh:
§
ليت ياليتني
كنت معهم
كمنية جابر إذ قال ليتي # أحادفه وافقد جل مالي
§
لعل لعلي
ابلغ الاسباب
فقلت اعيراني القدوم لعلني # احط بها قبر
الابيض ما جد[11]
Sedangkan yang
boleh di pisah maupun tidak di pisah terdapat pada selain lafal laita
dan la’alla, yaitu inna, anna, lakinna, kaanna.
Contoh:
إن : إني شجاع - إنني
شجاع
أن : أني قائم - أنني قائم
لكن : أنا تلميد لكني موظف - أنا تلميد لكنني موظف
كأن : هو ينظرني كأني محبوبته - هو ينظرني كأني محبوبته
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
إن
merupakan salah satu ‘amil (عامل) dari beberapa amil nawashib yang bisa masuk sekaligus
mempengaruhi susunan i’rab mubtada’ dan khabar. Adapun
teman-temannya inna (إن) yaitu:
أن
لكن كأن لعل ليت
.
إن
واخواتهاmempunyai
fungsi beramal menasabkan
mubtada’ (مبتداْ) menjadi
isimnya(اسمها) dan
merafa’kan khabar(خبر) menjadi
menjadi khabarnya(إن) inna.
Setiap إن dan teman-temannya memiliki fungsi masing-masing. Seperti
faidah li al taukid, li al tamanniy dan lain sebagainya.
Pembacaan إن juga dapat berubah sesuai dengan
ketentuan yang ada. Seperti yang telah tertulis dalam makalah diatas.
B. KATA PENUTUP
Demikian makalah ini
kami susun, yang mana tentunya tak lepas dari kekurangan baik dalam penyusunan
maupun penyajian. Karena kami pun menyadari tak ada gading yang tak retak.
Untuk itu kritik dan saran pembaca sekalian sangat kami harapkan demi perbaikan
dan evaluasi dari apa yang kami usahakan. Harapan kami semoga bermanfaat. Amin.
DAFTAR
PUSTAKA
Alquran Al Karim
‘aqil, Ibnu, Ibnu Aqil, Surabaya: Al Hidayah, tth.
Ma’shum, M. bin salim, Tasywiq al-kholan,Surabaya: Al
Hidayah, tth.
Umrithy, nadham al-umrithu, Surabaya: Al Miftah, tth.
.
kw diajar kholis?
BalasHapusbagi teman - teman yang bingung mencari refrensi tugas matakuliah sistem informasi,
BalasHapusmakalah sistem informasi, praktikum. silahkan saja >>klik disini<< share berbagai hal yang berhubungan dengan
ilmu teknologi informasi dan komunikasi khususnya
seputar sistem informasi silahkan >>Klik Disini<<
Wynn, Casino and Spa, Cotai - Mapyro
BalasHapusHotel. Wynn, Casino 포천 출장샵 and Spa is a 경상남도 출장샵 1-minute walk from the Cotai 이천 출장안마 airport 창원 출장마사지 and 3 minutes from the Wynn International Airport. The Spa is a 45-minute walk Rating: 2.5 · 7 reviews 동두천 출장샵